Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Efektif Pengelolaan Stok: Mengenal Metode FIFO, LIFO, dan FEFO dalam Aplikasi Gudang

 

Strategi Efektif Pengelolaan Stok: Mengenal Metode FIFO, LIFO, dan FEFO dalam Aplikasi Gudang

Berikut adalah beberapa fitur dari modul gudang dalam aplikasi Ukirama yang memudahkan pencatatan keluar-masuk barang dan memastikan laporan stok selalu dapat diakses:


1. Laporan Stok:

Fitur laporan stok adalah fungsi dasar dari aplikasi gudang. Bagaimana cara kerjanya?


Pengguna yang ingin mengambil barang dari gudang akan menginput permintaan.

Pengguna yang bertanggung jawab di gudang akan menginput pengiriman barang melalui aplikasi.

Pengguna yang membutuhkan laporan dapat melihat perubahan dan pengiriman stok secara real-time.

Laporan stok ini merupakan digitalisasi dari kartu stok tradisional. Untuk memahami lebih lanjut tentang fungsi dan melihat contoh-contoh kartu stok lainnya, Anda dapat mengeksplorasi lebih lanjut di sini.



2. Klasifikasi Barang:

Fitur standar lainnya adalah klasifikasi barang dalam inventaris. Setiap aplikasi mungkin memiliki fitur tambahan yang berguna untuk jenis bisnis tertentu. Contohnya, dalam modul aplikasi gudang di perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) Ukirama, terdapat fitur "Alternative Unit", yang memungkinkan pengguna untuk melakukan konversi unit barang, misalnya dari centimeter ke meter, gram ke kilogram, liter ke mililiter, dan sebagainya.


3. Penyesuaian Stok:

Fitur ini berguna untuk menyesuaikan jumlah stok saat terjadi peristiwa seperti kerusakan barang, kesalahan pengiriman, dan sebagainya.


4. Pencetakan Barcode:

Untuk aplikasi gudang yang mendukung penggunaan barcode, karyawan dapat menggunakan barcode untuk secara langsung menghitung atau mengurangi stok, yang akan tercatat secara otomatis dalam laporan.


5. Stock Opname / Stocktake:

Fitur ini berguna untuk membuat dokumentasi stock opname, serta menyesuaikan jumlah stok dalam laporan dengan kondisi sebenarnya di gudang.


6. Transfer Stok / Pelacakan Stok Multi Gudang:

Fitur ini berguna bagi perusahaan yang memiliki lebih dari satu gudang, dan memerlukan kemampuan untuk memindahkan stok dari satu lokasi ke lokasi lainnya agar dapat diakses oleh karyawan di cabang, outlet, atau pabrik tertentu. Pentingnya fitur ini juga terletak pada kemampuan untuk melacak stok yang sedang dalam proses perpindahan, yang akan terlihat dalam aplikasi beserta dokumentasi surat jalan yang sesuai.


7. Buffer / Peringatan:

Fitur ini umumnya dimiliki oleh sistem ERP, salah satunya seperti Ukirama. Dengan adanya fitur ini, para pengguna yang berkepentingan dapat menerima peringatan ketika terjadi kekurangan atau kelebihan stok di gudang, baik untuk bahan baku maupun produk jadi. Dengan demikian, perusahaan menjadi lebih efisien dan dapat mengantisipasi kekurangan stok dengan lebih baik.






Berikut adalah beberapa metode pengelolaan stok yang umum digunakan dalam aplikasi gudang:


Metode FIFO (First In, First Out):

FIFO berprinsip pada pengeluaran barang lama yang pertama kali masuk gudang. Dengan demikian, dalam laporan stok barang, jumlah stok akan sesuai dengan barang yang masih tersedia di gudang. Usaha yang umum menerapkan metode FIFO adalah usaha kue dan makanan, minimarket, dan sejenisnya, di mana produk yang disimpan memiliki masa kedaluwarsa yang pendek.


Metode LIFO (Last In, First Out):

LIFO, berkebalikan dengan FIFO, mengeluarkan barang yang baru masuk gudang terlebih dahulu. Barang yang sudah lama masuk akan dijual kemudian. Usaha yang sering menggunakan metode LIFO adalah penjual baju, khususnya saat menjual produk yang sedang tren. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pada saat tren sedang tinggi di pasaran.



Metode FEFO (First Expired, First Out):

FEFO mengacu pada konsep penjualan produk dengan tanggal kedaluwarsa yang paling dekat lebih dahulu kepada pelanggan. Dalam metode ini, pelaku usaha menggunakan tanggal kedaluwarsa barang sebagai patokan, bukan tanggal masuk gudang. Contoh usaha yang biasanya menerapkan metode FEFO adalah apotek, di mana pentingnya menjaga kualitas dan keamanan produk sangat tinggi.


Aplikasi gudang yang baik harus mampu memenuhi kebutuhan manajemen stok dan inventaris perusahaan Anda, terlepas dari industri yang Anda geluti. Anda dapat memperdalam pengetahuan Anda tentang manajemen inventaris, ERP, dan Ukirama untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.