Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Diterima

 Halo, bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan dan bertanya-tanya apakah surat lamaran yang kalian buat akan diterima oleh HRD atau Perusahaan yang kalian lamar.

Kalian bisa baca artikel ini, karena pada artikel ini saya akan memberikan informasi mengenai apa saja tips agar surat lamaran kamu diterima.

Kamu mungkin melakukan kesalahan kecil yang membuat surat lamaran kamu sendiri tidak sadari.

Kesalahan ini biasanya hanya hal sepele yang jarang terjadi, apabila kamu sudah mengetahui semua tips nya, semoga saja surat lamaran kerja kamu diterima oleh HRD atau perusahaan tempat kamu lamar.

Surat lamaran yang ada ini bisa berupa tulisan tangan maupun diketik, jadi bentuk surat lamaran bisa bebas dan tidak ada keharusan harus tulis tangan ataupun ketik.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Diterima



Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Diterima 

Berikut adalah tipsnya

1. Struktur surat lamaran.

Dikarenakan struktur surat lamaran kebanyakan sama, dimulai dari pembukaan, perkenalan diri, lalu Lampiran berkas dan yang terakhir penutupan.

Struktur ini pasti bisa dibuat lebih bagus, apalagi jika terlihat ada struktur yang berbeda, maka HRD akan menotice bahwa lamaran kamu tidak seperti yang lain.

Tentu saja jika surat lamaran yang kamu buat tidak berlebihan, yang artinya lebih bagus untuk dilihat.

HRD tidak memiliki banyak waktu untuk membaca secara detail keseluruhan surat lamaran kamu, maka yang terpenting adalah beberapa bagian seperti.

Bagian perkenalan diri, sebut  jenis pekerjaan yang akan kamu lamar, skill kamu kompeten untuk lowongan yang tersedia atau yang kamu lamar, tunjukkan antusiasme melalui bahasa dalam teks kamu, terakhir hampir sama yaitu ucapkan terima kasih dan jangan lupa tinggalkan kontak, untuk menunjukkan kamu siap dihubungi kapanpun.


2. Panjang surat lamaran.

Surat lamaran, merupakan surat yang digunakan untuk pernyataan melamar lowongan kerja yang kamu inginkan.

Jika kamu sudah menaruh informasi detail mengenai data diri kamu pada CV atau Daftar Riwayat Hidup, usahakan untuk tidak menaruhnya di surat lamaran.

Hal ini untuk membuat surat lamaran tidak terlalu panjang, karena HRD hanya akan membacaa surat lamaran kamu secara singkat.

HRD tidak punya banyak waktu membaca surat lamaran. Jadi sesuaikan saja informasi yang akan kamu taruh agar surat lamaran menjadi ringkas.

Jadi dengan surat lamaran yang memberikan first impression bagus dia lah yang akan di proses.


3. Surat lamaran khusus.

Kebiasaan yang dilakukan oleh pelamar kerja adalah membuat surat lamar sebanyak-banyaknya, tanpa memberikan nama perusahaan.

Pelamar hanya menuliskan perusahaan bapak/ibu. Ataupun tidak menuliskan alamat perusahaan dan menggantinya dengan di tempat.

Pelamar menyebarkan satu lamaran kerja ke mana pun perusahaan yang menerima lamaran kerja mereka, dan langsung menaruh lamaran saat lamaran tersedia.

Mungkin hal ini akan menjadi biasa jika semua orang melakukannya. Dan memang banyak yang diterima menggunakan cara dimana tidak perlu menuliskan nama perusahaan.


Tapi dengan cara menuliskan nama PT dan alamat PT membuat surat lamaran menjadi lebih valuenya.

Seperti menunjukkan kesungguhan kamu untuk melamar bekerja di perusahaan tersebut apabila HRD menotice detail kecil yang kamu tuliskan.


Selain detail nama perusahaan, ada detail lain seperti posisi kerja di perusahaan atau hal yang berkaitan dengan perusahaan secara spesifik.



4. Antusiasme.

Selain dengan cara umum dimana hanya membuat surat lamaran dengan template yang ada. Kamu juga bisa menunjukkan bahwa kamu memang benar benar ingin mengisi lowongan pekerjaan yang ada.

Bisa dengan menuliskan keahlian kamu yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang kamu lamar.

Hal ini detail kecil yang menunjukkan kamu bukan sekedar orang yang mencari pengalaman, ataupun hanya mencari gaji. Tapi kamu punya komitmen dengan perusahaan tersebut.


5. Perhatikan Tanda Baca

Tanda baca dalam surat lamaran yang baik dan benar. Penggunaan EYD juga harus benar. Ketelitian saat kamu menulis juga akan dinilai HRD dimana tulisan kamu apakah kamu orang yang teliti.

Lalu apakah tulisan kamu bagus dari awal sampai akhir, akan menentukan konsistensi kamum

Nah itu tadi beberapa tips untuk membuat surat lamaran yang kemungkinan besar lolos diterima HRD. 

Semoga kamu bisa terima bekerja setelah memperhatikan beberapa detail kecil dari artikel ini. Sekian terima kasih.