Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup dan Mengembalikan Data WhatsApp

 

Cara Backup dan Mengembalikan Data WhatsApp

Cara becakup data untuk chat dan media, jadi bisa aman saat akan pindah perangkat dari satu hape ke hape lainnya.

Atau pergantian aplikasi WhatsApp asli ke WhatsApp Mod.

Cara Pertama adalah masuk ke aplikasi WhatsApp lalu, pilih titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih setelan, lalu pilih setelan chat.

Selanjutnya kamu tinggal scrol dan pilih cadangkan chat, pilih tempat memback up chat dan data.

Disarankan untuk memilih tempt mencadangkan chat di akun google kamu, dengan syarat kamu bisa memgakses akun google di kedua perangkat android yang kamu gunakan.

Dengan ini kamu bisa mencadangkan dna mengambil datanya saat diperlukan.

Cara pilih akun google, lalu cari akun google yang ingin kamu gunakan, selanjutnya pilih menu cadangkan ke google drive, maka akan ada pilihan jangan pernah, hanya cadangkan ketika saya mengetuk cadangkan, harian, mingguan atau bulanan. Kamu bisa pilih sesuai preferensi kamu.

Jika kamu scrol kebawah ada pilihan untuk sertakan video, jika menurut kamu video yang ada di chat kamu penting, hidupkan opsi ini agar media seperti video juga ikut dicadangkan. 


Lalu selanjutnya ketik tombol cadangkan, maka akan menyimpan di dua tempat.

Untuk melihat cadangan data, masuk ke file manager kamu, masuk ke penyimpanan internal, ada dua jalur yang biasa digunakan.

Bisa masuk ke folder WhatsApp Pada folder ini akan terlihat cadangan kamu. Tapi jika kosong kamu bisa masuk ke bagian Folder Android> Media> com.whatsapp nadh disitu biasanya ada folder untuk melihat data WhatsApp kamu.

Pindahkan folder WhatsApp ini secara utuh ke hp baru kamu. Dan salin di 2 tempat, yaitu penyimpanan internal> WhatsApp

Atau Penyimpanan Internal> Folder Android> Media> com.whatsapp.

Hal ini agar saat kamu menginstal WhatsApp kamu yang baru akan membaca file yang ada di perangkat hp kamu.


Lalu untuk mengembalikan backup ke WhatsApp baru yang ada di perangkat baru, tinggal masuk ke aplikasi WhatsApp lalu masukkan nomor hp kamu yang tadi. Lalu saat kamu masuk ke bagian pemulihan chat, akan terdeteksi cadangan yang ada di internal hp kamu.

Kamu pilih saja pulihkan, maka otomatis data akan dikembalikan ke hp baru kamu.


Jika kamu menggunakan cadangan chat melalui google drive, maka kamu hanya perlu login ke alamat email yang sama saat sebelum login menggunakan nomor kamu. maka otomatis chat WhatsApp akan terdeteksi.