Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate

 


 Kamu mencari atau melamar pekerjaan, Curriculum Vitae atau dikenal CV menjadi suatu hal yang selalu mengembangkan pekerjaan dalam bidang ekonomi dan semua yang membutuhkannya. Namun faktanya masih banyak pencari kerja yang belum mengetahui bagaimana cara menulis / membuat CV secara baik dan benar, hal ini dikarenakan tidak ada contoh CV secara benar dan berkualitas agar dapat dijadikan referensi


Dengan adanya CV ialah suatu kesan pertama diri pelamar kerja, karena pihak HRD akan melihat pelamar dari bagaimana bentuk CV nya. HRD tidak menemui pelamar secara langsung, sehingga memperkirakan pelamar dari CV / dokumen yang dikirimkan. Dengan sebuah CV yang benar dan tepat akan memungkinkan dipanggil agar diproses selanjutnya dalam melamar pekerjaan.


Maka untuk itu kalian dapat menjadikan beberapa contoh daftar riwayat hidup dibawah ini sebagai pedoman dalam membuat cv.

Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate


Jika melihat berbagai contoh CV yang sering digunakan, terdapat hal – hal tertentu yang harus dicantumkan pada sebuah CV, berikut penjelasannya secara rinci :


1. Identitas Pribadi

Data pribadi merupakan sebuah data pertama, dimana harus dicantumkan dalam CV pencari kerja. Sebuah data dimana menerangkan informasi – informasi diri pencari kerja, yang kedepannya akan dibutuhkan oleh HRD perusahaan yang menerimanya. Data pribadi ini dimulai dari berisi nama lengkap, tanggal lahir, usia, alamat nomor telepon serta nama email.


2. Deskripsi Diri

Bagian ini berisi hal menarik terhadap diri pencari kerja, saatnya untuk mempromosikan diri kepada HRD perusahaan yang membuka lowongan. Cobalah tarik minat HRD perusahaan tersebut dengan menerangkan keunggulan yang dimiliki secara ringkas dan menarik.


Dengan begitu HRD dapat menggambarkan diri pelamar kerja secara tepat, karena akan lebih tahu tentang diri pencari kerja. Tulislah sekitar tiga maupun empat kalimat ringkas yang dapat menarik perhatian HRD yang melaksanakan recruitment.


3. Riwayat Pendidikan & Pelatihan

Pendidikan begitu penting dicantumkan disaat pencari kerja melamar pada lowongan pekerjaan formal yang begitu professional. Dengan mencantumkan riwayat pendidikan yang dimulai SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi merupakan suatu hal yang harus dilakukan, diikuti dengan tahun masuk serta tahun kelulusan, hal ini penting dilakukan agar menunjukkan prestasi pendidikan.


Disamping pendidikan formal, dipersilakan juga menuliskan riwayat pendidikan informal yang telah diikuti. Pendidikan informal terutama yang berhubungan terhadap posisi pekerjaan yang dilamar, dengan begitu akan mendukung keputusan HRD untuk menerima pencari kerja.


4. Pengalaman Organisasi

Komponen selanjutnya yang harus ditulis dalam CV ialah suatu pengalaman berorganisasi, dimana berguna untuk melihat keaktifan si pencari kerja.


Ini akan menguntungkan seseorang yang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja formal. HRD perusahaan akan melihat suatu pengalaman organisasinya, sebagai sebuah tolak ukur keaktifan dalam bekerja sama terhadap tim.


5. Keahlian Tambahan

Tulis keahlian tambahan yang dimiliki, sebagai suatu bahan pertimbangan bagi HRD yang melaksanakan rekrutment. Keahlian tambahan yang paling dicari seperti bahasa asing serta keahlian komputer atau yang akan mendukung pekerjaan didalam perusahaan tersebut.


6. Prestasi Yang Dicapai

Jangan lupa juga mencantumkan prestasi yang telah dicapai, baik dalam akademik maupun non akademik. Jelaskan apa prestasinya, tahun berapa mendapatkannya serta siapa yang menyelenggarakan, jika itu prestasi non akademik. Sebaliknya, Jika prestasi akademik tulis saja apa prestasinya, tahun berapa serta saat pendidikan apa prestasi tersebut yang dicapai.


7. Pengalaman Kerja & Referensi Perusahaan

Bagi pencari kerja yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, hendaknya mencantumkan seluruh pengalaman kerja tersebut.


Dengan menyebutkan posisi pekerjaan yang pernah dijabat, nama perusahaan, tahun mengabdi serta alasan telah mengundurkan diri.


Data ini nantinya didukung oleh surat referensi maupun surat pengalaman kerja yang didapat dari perusahaan sebelumnya.


Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Berikut ini adalah contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja :


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Suryo

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 15 Februari 1984

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Status : Sudah Menikah

Alamat : Jl. Merdeka No 14 Kel. Kebumen Kec. Jalan jalan Jakarta Barat

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Nomor Handphone : 0821 4455 7766

Email : asuryo@gmail.com

Pendidikan:


SD Alwashliyah 19 Jakarta 1990 – 1996

SMP Negeri 1 Jakarta 1996 – 1999

SMA Pelita Harapan 1999 – 2002

Universitas Indonesia (Ekonomi) 2002 – 2006

Pengalaman Organisasi:


Anggota Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2004 – 2007.

Minat & Keahlian:


Mampu berbicara dengan baik

Kuasai seluruh sistem aplikasi pemasaran

Rajin menulis


Hormat saya



Ahmad Suryo

Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate Cara Membuat CV Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Bekerja/ Fresh Graduate