Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tradisi Adat Budaya Unik Aneh di Indonesia Yang tidak ada di negara lain

Tradisi Adat Budaya Unik Aneh di Indonesia Yang tidak ada di negara lain

1. Seni Paraga




Seni paraga adalah seni yang berasal dari suku bugis, yang sangat unik, walaupun tidak aneh. Tapi sangat tidak diduga jika seni mirip seperti olah raga. Seni ini lebih ke arah seni tari, yang unik dari adat tradisi ini adalah dimana para pria mengolah bola rotan menggunakan kaki dan kepala mereka. Seperti seorang freestyler sepak bola. Para pemain seni Paraga menggunakan kain segitiga yang di ikatkan di kepala digunakan juga untuk mengolah bola, saat memainkan kesenian ini biasanya diiringi oleh musik. Kesenian ini adalah tradisi yang harus dilestarikan dan di jaga oleh kita. Karena merupakan kekayaan budaya Indonesia.







2. Upacara Adat Tiwah





Upacara adat ini adalah upacara yang sakral dan merupakan kekayaan adat dan tradisi unik di Indonesia selanjutnya. Adat Tiwah adalah Proses mengantarkan roh leluhur mereka yang sudah lama meninggal ke lewu tata bersama Ranying Hatalla. Lewu tata artinya Surga dan Ranying Hatalla artinya Tuhan. Upacara Adat ini dilakukan oleh masyarakat Suku dayak Kalimantan. Upacara ini biasanya menghabiskan banyak uang karena biasanya dilakukan kepada banyak roh di desa tersebut. Upacara adat ini bisa sampai berhari-hari. Upacara ini merupakan budaya penganut Hindu Kaharingan yang merupakan kepercayaan masyarakat di daerah tersebut. Adat ini merupakan tradisi budaya Indonesia yang sangat hebat, banyak wisatawan mancanegara tertarik untuk datang menyaksikan upacar adat ini. Tardisi yang sangat unik di Indonesia.








3. Batombe





Batombe merupakan kebudayaan asal Sumatra Barat yang sangat unik, karena kebudayaan ini memiliki cerita yang aneh. Kebudayaan ini adalah berbalas pantun antara kaum pria dan wanita diiringi oleh musik dari rebab. Biasanya kebudayaan ini ditampilkan pada saat ada acara gotong royong seperti pembangunan rumah gadang ataupun masjid, seperti cerita awal mula adat budaya ini. Pada saat itu saat sedang membangun bangunan dan membutuhkan kayu, para pria kesulitan untuk memindahkan kayu yang sangat besar, lalu kaum wanita berusaha untuk menyemangati kaum pria dengan cara berbalas pantun dan sedikit demi sedikit kayu dapat dipindahkan sehingga bisa menjadi budaya hingga sekarang. Budaya ini sangatlah unik dan menjadi kekayaan budaya indonesia.







4. Fahombo-tradisi lompat batu





Tradisi Fahombo adalah tradisi lompat batu khas Suku Nias, Tradisi unik Ini adalah tradisi yang terbilang cukup ekstrim, dimana pemuda laki-laki di suku tersebut saat berusia remaja akan melakukan tradisi fahombo atau lompat batu ini, tradisi ini cukup bergengsi karena merupakan suatu kebanggan bisa melompati batu yang disusun setinggi sekitar 2 meter dan lebar 40 cm ini. Jika bisa melompati batu ini maka seorang dianggap pemberani dan hebat. Dan jika ada perseteruan dengan kampung lain maka akan di pertarungkan dengan tradisi unik ini.








5. Tradisi potong jari






Tradisi suku dani ini adalah tradisi Ekstrim dan aneh di Indonesia. Karena suku dani akan memotong ruas jari mereka setiap kehilangan anggota keluarga. Hal ini merupakan bentuk kehilangan yang sangat amat mendalam karena ditinggal keluarga mereka. Tentu rasa sakit yang sangat mendalam dirasakan oleh suku dani karena bagi suku dani keluarga adalah segalanya. Hal yang paling aneh adalah cara suku Dani memotong ruas jari mereka, yaitu dengan menggunakan pisau tadisional ataupun kapak bahkan bisa saja menggunakan gigi mereka sendiri dengan cara menggigit sampai putus. Tradisi aneh ini dilakukan oleh kaum wanita. Dan kaum pria biasanya memotong kulit telinga mereka. Sungguh tradisi yang sangat ekstrim dari suku dani, namun poin yang dapat kita ambil adalah suku dani sangat mencintai anggota mereka sendiri melebihi cinta terhadap diri mereka sendiri. Tentu tradisi suku dani ini jangan di tiru, karena menyakiti diri sendiri adalah hal yang sangat buruk.




Oke itu tadi tradisi adat budaya unik aneh yang ada di Indonesia. Kita bisa melihat begitu banyak dan beragamnya budaya adat tradisi di Indonesia. Kita harus bisa melihat sisi positif untuk kita tiru dan kita jauhi sisi negatif untuk tidak kita tiru. Karena sebagian kebudayaan dan tradisi ini berdasarkan kepercayaan dan penghormatan leluhur dan nenek moyang.


Oke sekian postingan kali ini semoga bermanfaat sekian terima kasih.