Permainan Tradisional Anak Jaman Dulu yang Sudah Dilupakan - Dedenanda

Permainan Tradisional Anak Jaman Dulu yang Sudah Dilupakan

Oke pada postingan kali ini saya akan membagikan info mengenai Permainan Tradisional anak jaman dulu yang sudah dilupakan. Permainan yang membuat kita bermain bersama dan mengenal teman-teman di sekitar kita. Permainan tradisonal adalah media kita dalam saling mengenal teman-teman kita dan bersosialisasi dengan banyak orang. Kebanyakan Semua permainan Anak ini dilupakan adalah karena masuknya media sosial dan video game ke lingkungan mereka, karena anak pada dasarnya lebih suka dengan permainan yang memiliki beragam warna dan grafik yang keren, serta tidak perlu lelah berlari dan lainnya. Itulah yang membuat permainan jaman dulu mulai di lupakan oleh anak jaman dulu.


Oke langsung saja, ini dia permainan tradisional anak jaman dulu yang sudah dilupakan.


1. Petak Umpet




Mungkin untuk petak umpet masih sering dimainkan ya. Permainan ini memiliki aturan yanh berbeda di tiap daerah, berbeda dari segi kata yang di ucapkan dan peraturan yang dipakai. Tapi inti petak umpet adalah salah satu orang di undi untuk menutup mata dan menghitung sampai angka tertentu agat memberikan kesempatan kepada orang lain agar mereka dapat bersembunyi. Setelah selesai maka orang yang kalah tadi harus mencari semua orang yang bersembunyi. Dulu banyak cerita seru dari permainan ini seperti rasa deg-degan karena hampir ketahuan, rasa takut karena kadang bermain di malam hari dan bersembunyi di tempat yang menyeramkan, bahkan ada juga yang bersembunyi dengan pulamg kerumah. Petak umpet adalah permainan anak jaman dulu yang paling seru



2. Gobak Sodor.




Permainan tradisional anak ini adalah permainan yang mengutamakan keahlian kita dalam berlari dan menghindari sentuhan lawan. Kita akan membuat sebuah kotak dengan garis-garis di dalamnya. Garis adalah jalur lari bagi penjaga, dan setiap garis di isi oleh orang, penjaga paling depan dapat bergeser kemanapun. Dan setiap pelari harus melewati setiap penjaga tanpa tersentuh, jika sampai tersentuh maka tim pelari harus berganti menjadi tim penjaga. Permainan tradisional yang seru, tapi mungkin hanya di gemari anak-anak jaman dulu karena hanya anak-anak yang tidak mudah lelah walaupun berlari cukup lama.



Link Terkait :

10 Channel Motivasi terbaik indonesia
7 Akun Instagram Motivasi Quotes Islami
15 Akun Instagram Quotes Cinta
10 Youtuber Gamer PUBG
Permainan tradisional anak jaman dulu yang sudah dilupakan
Youtuber Dengan Konten Horor
3 Alat Usaha Rumahan Yang Jarang Di ketahui




3. Bola Bekel




Untuk permainan tradisional satu ini saya kurang mengerti, karena permainan tradisional ini kebanyakan di mainkan oleh anak perempuan, karena menurut anak laki-laki di tempat saya kurang seru, yang saya tahu mereka akan melemparkan bola lalu mengambil batu di bawah sebelum bola jatuh ke bawah.


4. Congklak/Dakon




Permainan tradisional anak ini juga jarang dimainkan oleh anak laki-laki. Dan saya pun tidak tahu cara memainkannya, yang saya lihat mereka akan memasukkan batu atau kelereng kedalam tempat secara berurutan. Walaupun tidak ada tempat itu permaianan tradisional ini dapat dimainkan dengan cara membuat lubang di tanah.


5. Engklek




Permaian tradisonal anak ini menggambar bentuk dengan tiap bentuk dapat di pijak oleh satu kaki atau dua kaki sesuai aturannya. Sebelum melangkah kuta harus melempar batu atau yang lainnya. Jika kita melanggar aturan permainan ini maka giliran akan di lempar ke lawan kita.

6. Kejar tangkap




Pada permainan tardisional anak ini aturannya kita harus berlari-lari. Sebelum di mulai biasanya akan disepakati batas lari yang ditentukan. Yang kalah akan mengejar lawannya, dan yang menang biasanya akan berlari menjauhi lawannya. Dan yang menang biasanya memiliki kemampuan khusus yaitu dapat duduk dan saat duduk dia tidak boleh di kejar, dan hanya boleh bangun kembali jika dibangunkan oleh teman lainnya.




7. Donald bebek.




Permainan satu ini sangatlah seru, karena terkadang kita merasa deg-degan. Dan kemampuan utama permainan ini adalah kita harus meloncat. Dan disepakati berapa kali kita akan melompat, dan setiap kali langkah selesai pemain akan suit dan jika kalah harus mengejar yang menang suit, begitu terus sampai yang kalah dapat menginjak kaki yang menang suit. Lalu permainan di ulang.


8. Mereman. (Tutup mata)






Permainan tardisional anak ini sangtlah seru, karena kita bermain dengan cara pemain yang kalah akan menutup mata dan mencari pemain lain, dan jika tertangkap maka akan bergiliran menjadi yang kalah. Permainan tradisional ini sangatlah seru jika diaminkan oleh anak-anak.



9. Kotak pos.



Permainan tradisional ini sebernarnya sama dengan permainan kejar tangkap, namun pemenang tidak bisa memiliki kemampuan untuk duduk. Kita hanya bisa menangkap orang lain dengan cara memanggil nama nya. Sebelum permainan pemain akan menyanyikan lagu khusus yang di gunakan untuk mengundi nama julukan siapa dan siapa yang kalah.


10. Tepuk gambar.



Jaman dulu gambar memiliki banyak variasi permainan ada yang di kocok dan menggunakan dua gambar untuk menentukan poin ada juga yang seperti kartu remi dimana kita mengambil kartu untuk mendapatkan poin tertinggi. Dan untuk tepuk gambar ini dapat dilakukan dua orang dan setiap orang menaruh kartu ditangannya untuk ditepukkan dengan pemain lawan. Jika gambar kita menghadap ke atas kita menang jika kebawah kita kalah. Dan setiap kali kalah dalam permainan ini kita diwajibkan membayar satu kartu kepada lawan kita.

11. Kelereng.



Permainan tardisional ini adalah permainan tradisonal anak yang mengandalkan skill dan akurasi saat bermain kita harus bisa mengenai kelereng lawan. Terdapat juga banyak variasi dari permainan ini. Karena kelereng adalah salah satu permainan yang banyak di gemari.



Oke itu tadi beberapa permainan tradisional jaman dulu yang sudah banyak dilupakan. Seperti apa kesibukan anda saat ini hingga melupakan semua permainan tadi. Semua permainan yang menjadi media sosialisasi di masyarakat.

Oke sekian postingan kali ini sekian terima kasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel