Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengurus Dan Biaya Cabut Berkas Dan Mutasi Balik Nama Motor.

Cabut Berkas Dan Mutasi Motor



Oke pada postingan kali ini saya membagikan info cara Mengurus Cabut Berkas dan Mutasi Balik Nama Motor. Akan saya bagi dua bagian Yang pertama Cabut Berkas dan Yang kedua Proses Mutasi. Dan Motor Yang saya Gunakan ini adalah Honda Beat

Oke lamgsung saja ini dia cara cabut berkas dan mutasi  Balik Nama motor.

A. CABUT BERKAS MOTOR.


Proses ini mencabut pendataan nomor kendaraan bermotor di samsat asal. Siapkan dulu formulir yang diperlukan.


  1. BPKB asli dan fotokopi
  2. STNK asli dan fotokopi
  3. Kwitansi bukti pembayaran unit kendaraan yang dibeli dan sudah ditandatangani oleh penjual dan bermaterai Rp 6.000 asli dan fotokopi
  4. Kwitansi kosong yang sudah ditandatangani penjual.
  5. KTP asli atas nama pemilik baru, (bukan pemilik lama)  dan fotokopi
  6. Faktur/Form A asli dan fotokopi

Proses Cabut berkas di samsat asal.

1. Cek Fisik Kendaraan.


Pada Proses gesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda. Lalu isi formulir yang disediakan, pada formulir ini berisi data anda dan identitas kendaraan anda. Proses ini Gratis.

2. Fotokopi.


Fotokopi semua berkas anda, biasanya di samsat sudah ada tempat fotokopi dan anda hanya perlu bilang untuk keperluan cabut berkas maka petugas fotokopi sudah langsung tahu. Biasanya biayanya 10.000-20.000 rupiah.

3. Legalisir.


Semua berkas tadi ke petugas untuk di legalisir. Semua berkas akan di cek dan di stempel. Proses ini gratis.

4. Cek Fiskal.


Pada proses ini serahkan semua berkas anda dan isi formulir yang di berikan. Proses ini gratis.

5. Kasir.


Pada proses ini anda di haruskan melunasi biaya sebesar kira-kira 250 ribu.  Jika ada penunggakan pajak atau denda maka anda akan disuruh melunasinya.


6. Pendaftaran Mutasi.


Setelah itu anda akan diarahkan menuju loket mutasi, serahkan semua berkas anda dan isi formulir pemdaftaran Mutasi. Proses ini gratis

Jika proses ini sudah selesai, serahkan semua berkas tadi ke loket mutasi dan anda akan menerima kwitansi untuk pengambilan berkas nanti yang akan di ambil beberapa hari setelah proses ini.

Anda akan menerima berkas untuk di bawa lagi menuju samsat tujuan anda dan melakukan Pembuatan nomor kendaraan baru. Beserta surat jalan. 


Untuk semua info cabut berkas ini saya mendapatkan informasi dari orang lain. Karena dulu saya menggunakan jasa, di karenakan saya harus bekerja. Dan tidak sempat untuk mengurus semua proses ini. Saat itu saya membayar 800 rb rupiah.
Untuk proses pembuatan nomor kendaraan baru ini saya lakukan sendiri semua.



B. Proses Pembuatan Nomor Kendaraan baru dan BPKB baru.



Pada proses ini saya melakukanya di Samsat Kab. Sragen.
Siapkan berkas mutasi tadi.




Syarat: 
1. Berkas Pencabutan
2. KTP Asli (Bisa diwakilkan)





1. Fotokopi.


Fotokopi semua berkas seperti tadi, biasanya sudah ada di samsat tinggal mengatakan tujuan berkas misalkan untuk proses mutasi dan balik nama.
Proses ini biayanya sekitar 10 ribu rupiah.



2. Loket Mutasi.


Masukkan berkas tadi ke loket formulir untuk di cek dan leglisir. Proses ini gratis


3. Cek Fisik.


Cek fisik seperti saat cabut berkas, Gesek nomor rangka dan kendaraan serta isi formulir yang disediakan. Proses ini gratis.




4. Surat pengambilan Berkas.


Setelah cek fisik tadi anda akan diberi surat pengambilan berkas yang akan di ambil beberapa hari lagi. Proses nanti bisa di wakilkan asal ada KTP asli



5. Kembali ke samsat.


Kembali ke bagian yang memberikan surat tadi, lalu anda akan di beri berkas. Lalu bawa berkas itu tadi ke tempat loket mutasi dan sertakan KTP Asli Anda. Proses ini gratis



6. Kasir



Pada proses ini anda disuruh membayar sekitar 558 ribu Rupiah. 


7. Pendaftaran BPKB baru.


Setalah itu anda akan di arahkan ke tempat pendaftaran BPKB baru, serahkan berkas anda dan membayar 225 ribu Rupiah.  Lalu anda akan di beri surat pengambilan BPKB baru di Polres. Prosesnya lama sekitar 1-2 bulan.




Oke itu tadi proses Dan syarat cabut berkas,  balik nama dan mutasi kendaraan bermotor Sekian Postingan kai ini semoga bermanfaat. Sekian terima kasih.