Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT MAKALAH YANG SEDERHANA DENGAN MUDAH UNTUK SMA, SMP, SD

Oke pada postingan kali ini saya akan membagikan cara membuat Makalah Untuk SMA/SMK, SMP, maupun SD. Bagi kalian yang masih kebingungan membuat makalah dan susah membuatnya ada cara yang lebih mudah, kalian bisa datang ke Warnet dan minta dibuatkan saja ke penjaga warnet. Namun cara ini sungguh terlalu pintas. Bagi kalian yang ingin membuat sendiri Makalah bisa baca tutorial membuat makalah di blog ini, cara yang saya berikan sangat sederhana dan mudah.

Makalah adalah sebuah hasil karya sastra yang merupakan tugas yang sangat merepotkan. Yang terpenting dari tugas ini sebenarnya adalah bukan pada bagus atau tidaknya makalah kalian. Tapi apakah kalian memahami struktur makalah itu sendiri. Yang terpenting adalah cara kalian memahami poin dari tugas tersebut.

Banyak guru memanfaatkan makalah untuk tugas bagi para murid. Dengan alasan cara agar murid lebih memahami materi dengan lebih baik. Padahal sebenarnya hanya alasan agar menghabiskan waktu pembelajaran. Kasus yang sering terjadi pada saya dulu saat masih sekolah. Murid diberi tugas membuat makalah, murid disuruh membuat kelompok, lalu hasil makalah dipresentasikan, dan akan ada sesi tanya jawab. Penilaian dilihat dari hasil presentasi, bukan pada kerja keras murid. Faktanya kelompok yang benar-benar membuat makalah sendiri mendapat nilai rendah karena makalahnya jelek, anggota kelompok yang bekerja keras mendapat nilai sama dengan anggota yang AFK. Dan sesi tanya jawab sudah disetting para murid sebelum jam pelajaran. Jadi pertanyaan dan jawaban antar para murid sudah disepakati.

Media belajar murid dengan membuat makalah sangat sia-sia. Lebih baik tugas membuat makalah di lakukan individu bukan kelompok dan digunakan untuk mengukur pemahaman murid terhadap struktur makalah, bukan hasil makalah. Memahami materi dengan membuat makalah nyatanya lebih membutuhkan banyak waktu dan banyak uang dan hasilnya pun sangat tidak efektif. Lebih banyak media yang tidak digunakan padahal lebih mudah dan murah, Seperti Internet. Karena makalah adalah cara guru untuk menghabiskan waktu. Jadi tidak perlu terlalu serius untuk membuat makalah


Oke langsung saja ini cara mudah membuat makalah yang sederhana. Untuk SMA, SMP DAN SD.

A. MEDIA UNTUK MEMBUAT MAKALAH.

Media dalam membuat makalah adalah semua alat yang anda butuhkan seperti :

1. Aplikasi Ms. Word di Android ataupun PC.

2. Koneksi Internet.

B. STRUKTUR MAKALAH.

1. COVER

2. KATA PENGANTAR

3. DAFTAR ISI

4. PENDAHULUAN

5. ISI

6. PENUTUP

7. DAFTAR PUSTAKA

C. CARA PEMBUATAN MAKALAH.


1. Membuat Cover.


Cover masalah, dibagian atas ada judul makalah, di tengah ada logo sekolah, di bawahnya nama penyusun. Dibawahnya lagi alamat sekolah
Contoh Cover makalah


Cover Pada Makalah biasanya berisi Judul, dan Logo Sekolah, Nama penyusun, serta di bawahnya ada alamat sekolah.

2. Kata pengantar.


Kata pengantar biasanya berisi pujian kepada tuhan, isi makalah dan permohonan maaf makalah kurang sempurna
Contoh Kata Pengantar

Anda bisa mencari di google dan tinggal copy paste saja karena semua kata pengantar sama. Tapi jangan sampai lupa mengganti kata-kata di dalam kata pengantar yang berhubungan dengan tema ataupun judul. Ganti dengan tema dan judul kalian. Dan jika dibuat banyak orang jangan tulis nama di bawah penulis. Cukup sampai penulis saja. Isi kata pengantar biasanya pujian kepada tuhan, tema makalah, permintaan maaf makalah kurang sempurna, dan tanggap pembuatan makalah.

3. Daftar Isi.


 Semua daftar isi yang ada dalam makalah
Contoh daftar isi


Biasanya daftar isi memuat hampir seluruh Struktur makalah. Buat dengan beri font tebal di setiap sub bab. Kali daftar isi tidak bisa cari di google. Harus kita buat manual

4. Pendahuluan

Biasanya di dalam sini terdapat latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan masalah
Contoh pendahuluan

Cara membuat pendahuluan bisa lebih mudah. Biasany Pendahuluan di bagi menjadi 3.


A. Latar belakang Masalah.


 Tidak perlu banyak, Di Makalah minimal 3 saja. Berisi hal yang akan di bahas saja. Misalkan Pengertian Ekosisten, Sejarah Ekosistem, Manfaat Ekosistem, Fungsi Ekosistem dan lainnya. Atau bisa langsung cari di google.


B. Rumusan Masalah.


Tinggal salain Latar belakang dan tambahi saja kata tanya di depan seperti 5W+1H. Contoh
Apa yang dimaksud Pengertian Ekosistem, Bagaimana Manfaat Ekosistem  Dan lainnya.



C. Tujuan.


Contohnya Tujuan dibuatnya artikel adalah untuk menyampaikan semua hal mengenai ekosistem. Cara paling mudah copy paste saja dari google dengan mengetikkan contoh tujuan makalah ekosistem.


5. Isi Pembahasan Makalah
.


Biasanya isi makalah ini berisi pengertian, fungsi, jenis, sejarah manfaat dan hal lain yang berkaitan dengan tema
Isi Pembahasan


Dalam isi pembahasan biasanya berisi jawaban dari rumusan masalah, isi saja pembahasan ini tentang pengertian ekosistem, fungsi ekosistem, sejarah ekosistem, keadaan ekosistem saat ini, manfaat ekosistem, tujuan ekosistem, jenis-jenis ekosistem dan hal lainnya yang berkaitan dengan tema. Semuanya tinggal cari saja di google lalu di copy paste.



6. Penutup.


Penutup makalah biasanya berisi kesimpulan dan saran
Contoh penutup

Untuk Penutup biasanya di bagi menjadi dua yaitu Kesimpulan dan saran. Untuk hal ini biasanya kita tibak bisa copy paste full dari internet. Kita harus mengubahnya sedemikian rupa.

Kesimpulan:

 Adalah hasil sebuah makalah di buat. Biasanya yang dintonjolkan adalah manfaat tema makalah tersebut.

Saran : 

  biasanya berisi pesan yang disampaikan pada para pendengar agar kita bisa lebih baik menyikapi tema makalah.


7. Daftar Pustaka.


Biasanya daftar pustaka bisa dari buku maupun internet
Contoh Daftar Pustaka


Biasanya Di pelajaran bahasa Indonesia kita diajarkan menulis daftar pustaka. Ada aturan yang harus kita gunakan dalam menuliskan daftar pustaka. Di goole banyak artikel yang menjelaskan cara menulis daftar pustaka dengan benar. Daftar pustaka biasanya bisa dari Buku ataupun internet. Untuk internet tulis saja linknya, link tempat anda copy paste bahan untuk makalah anda.


Oke itu tadi cara membuat makalah secara sederhana dengan mudah. Cara diatas adalah untuk anda yang belum bisa membuat makalah, namun ada tugas membuat makalah, dan guru anda termasuk guru malas. Karena banyak guru yang teliti mencermati setiap hasil tugas kita. Oke sekian postingan kali ini, jika ada salah mohon maaf, sekian terima kasih.